Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 3 (2024)

Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Lestari, Kadek Intan Dwi (Unknown)
Wahyuni, Kadek Ayu (Unknown)
Triarsitadewi, Ida Ayu Ina (Unknown)
Sartika, Kadek Helin Dwi (Unknown)
Setiawidiantari, Ketut Dian (Unknown)
Werang, Basilius Redan (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Berdasarkan hasil survei PISA menunjukkan betapa rendahnya tingkat literasi membaca siswa di Indonesia. Oleh karena itu, Pemerintah mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Gerakan Literasi Sekolah dan pengaruhnya terhadap pemahaman membaca siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan teknik kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi.  Pembuktian keabsahan data dengan memakai teknik ketekunan, triangulasi, dan penggunaan referensi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa di SD N 6 Banyuning terdapat peningkatan signifikan dari Gerakan Literasi Sekolah yang diterapkan dengan rincian peningkatan minat baca mencapai 42% dan peningkatan sebanyak 40% pada tingkat pemahaman siswa. Penerapan GLS secara berkesinambungan memberikan persentase akhir mencapai 72% anak dengan minat membaca dan 80% terhadap kemampuan memahami teks bacaan. Disimpulkan Gerakan Literasi Sekolah secara signifikan efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan terutama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...