Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 4 (2024)

Analisis Penggunaan Media Edukatif Mistery Box dalam Mengenalkan Konsep Wujud Benda pada Anak Tunagrahita Kelas VI SLB

Lofha, Prichilia Hasintha (Unknown)
Meilani, Riska Putri (Unknown)
Ruby, Arcivid Chorynia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Anak tunagrahita memiliki keterbatasan dalam fungsi intelektual dan perilaku adaptif yang menyebabkan mereka mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep abstrak, termasuk konsep wujud benda sehingga anak tunagrahita yang masih membutuhkan sebuah contoh bendanya. Hal ini dapat menghambat perkembangan kognitif dan kemampuan mereka dalam memahami lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media edukatif Mystery Box dalam mengenalkan konsep wujud benda kepada salah satu anak tunagrahita sedang kelas VI di SLB N Pati.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media educatif Mistery Box dalam mengenalkan konsep wujud benda pada anak tunagrahita kelas VI SLB, terjadi peningkatan pemahaman materi yang signifikan. Hal ini terlihat dari peningkatan skor yang diperoleh oleh setiap siswa antara pre-test dan post-test. Peningkatan skor ini menunjukkan bahwa media Mistery Box efektif dalam membantu siswa tunagrahita memahami konsep wujud benda dengan lebih baik. Media ini memberikan pengalaman belajar yang konkret dan menarik , sehingga memudahkan mereka dalam memahami konsep yang abstrak. Studi kasus ini menyimpulkan bahwa penggunaan media edukatif yang inovatif dan interaktif, seperti Mystery Box, dapat memfasilitasi proses pembelajaran bagi anak tunagrahita secara lebih efektif dibandingkan metode konvensional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...