Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 4 (2024)

Inovasi Asesmen Formatif Non Paper-Based dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Oktaviani, Suci (Unknown)
Jumriah, Jumriah (Unknown)
Meisella, Reri Suci (Unknown)
Susilo, Susilo (Unknown)
Kalukar, Ventje Jany (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2024

Abstract

Penggunaan asesmen formatif non paper-based dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 menghadirkan potensi untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas berbagai metode asesmen non paper-based seperti video presentasi, podcast, dan kuis permainan interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan historical research/documentary study. Hasil penelitian memaparkan inovasi asesmen non paper-based yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa, mengembangkan keterampilan komunikasi, serta mendorong kreativitas dan ekspresi diri. Selain itu, metode ini juga memfasilitasi pembelajaran mandiri dan kolaboratif, memberikan umpan balik yang konstruktif, serta menawarkan fleksibilitas dan aksesibilitas yang lebih baik dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, inovasi ini berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 8 secara signifikan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...