Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kompetensi guru dalam melakukan pengelolaan pembelajaran di kelas. Penelitian ini mempunyai tujuan guna mengeksplorasi efektifitas Supervisi tehnik Coaching dalam supervisi akademik di lingkungan sekolah. Dengan latar belakang kebutuhan peningkatan kualitas supervisi akademik, penelitian ini berfokus pada bagaimana pendekatan Coaching dapat meningkatkan kualitas guru di sekolah. Metode yang dipakai pada penelitian ini yakni pendekatan diskriptif kualitatif . Data dikumpulkan melalui wawancara Coaching diantara Kepala Sekolah dengan guru, dan observasi langsung selama sesi supervisi akademik. Temuan penelitian menampilkan yakni guru penerima supervisi akademik dengan tehnik Coaching mengalami peningkatan dalam kualitas pengajaran. Temuan kualitatif dari wawancara juga mengungkapkan bahwa tehnik Coaching model TIRTA membantu guru dalam menetapkan dan mencapai tujuan profesional., meningkatkan keterampilan reflektif, dan membangun hubungan kerja lebih kolaboratif dengan Kepala Sekolah sebagai Supervisor. Saran dari peneliti untuk Kepala Sekolah menjadikan hasil penelitian ini sebagai rujukan cara melaksanakan supervisi akademik.
Copyrights © 2024