Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 4 (2024)

Analisis Peningkatan Sikap Kolaborasi Siswa melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila pada Dimensi Gotong Royong di Sekolah Dasar

Erina, Erina (Unknown)
Manan, Nanan Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2024

Abstract

Profil pelajar pancasila bertujuan melahirkan generasi emas yang memiliki jiwa atau sikap pancasila yang tertanam pada diri siswa sebagai bekal bagi kehidupan siswa selanjutnya. Oleh karena itu, penelitian itni berangkat dari permasalahan dimana beberapa siswa masih banyak yang belum mampu untuk dapat berkolaborasi dan melakukan kegiatan gotong royong, untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu dan menganalisis faktor apa saja yang dapat memperkuat sikap kolaborasi siswa dalam dimensi gotong royong profil pelajar pancasila. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus, peneliti menggunakan instrumen triangulasi data berupa observasi, wawancara kepada 3 pihak yaitu kepala sekolah, guru wali kelas, dan yang paling utama yaitu siswa, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa faktor yang dapat mempengaruhi kuatnya sikap kolaborasi siswa bukan hanya disebabkan dari dalam diri siswa, namun disebabkan dari faktor luar seperti lingkungan keluarga dan masyarakat serta kebiasaan yang dibangun siswa dalam kegidupan sehari-hari. Oleh karena itu damapak dari penelitian ini salah satunya memberi masukan kepada pihak sekolah terutama guru wali kelas dalam memberikan pemahan dan penanaman sikap profil pelajar pancasila

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...