Pembelajaran dengan metode ceramah membuat siswa tidak aktif dan membuat siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa masil redah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Popin Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPASĀ Siswa Kelas V. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest posttest. Data akan dikumpulkan melalui instrument penelitian berupa tes yang telah di uji validitas. Teknik analisis data yang digunakan uji Normalitas dan uji N-gain dengan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS 26. Sampel penelitian terdiri dari 22 siswa kelas V di SD Negeri 1 Loram Kulon. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat efektivitas model problem based learning berbantuan media popin terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh hasil dari uji Normalitas pada pemahaman konsep IPAS memperoleh hasil sig>0,05 dengan data pretest 0,063>0,05 dan data posttest 0,078>0,05. Pada uji Normalitas keterampilan proses IPAS memperoleh hasil sig>0,05 dengan data pretest 0,077>0,05 dan data posttest 0,094>0,05. Pada uji N-gain diperoleh nilai sebesar 0,67 yang berada pada rentang 0,3?g?0,7 dengan kriteria peningkatan sedang. Berdasarkan hasil diatas, dapat disimpulkan temuan ini bahwa terdapat perbedaan perbedaan rata-rata hasil belajar IPAS sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.
Copyrights © 2024