Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 5 (2024)

Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Popin terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Siswa SD

Rukayati, Dwi Lestari (Unknown)
Masfuah, Siti (Unknown)
Santoso, Denni Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2024

Abstract

Pembelajaran dengan metode ceramah membuat siswa tidak aktif dan membuat siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa masil redah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Popin Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPASĀ  Siswa Kelas V. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest posttest. Data akan dikumpulkan melalui instrument penelitian berupa tes yang telah di uji validitas. Teknik analisis data yang digunakan uji Normalitas dan uji N-gain dengan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS 26. Sampel penelitian terdiri dari 22 siswa kelas V di SD Negeri 1 Loram Kulon. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat efektivitas model problem based learning berbantuan media popin terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh hasil dari uji Normalitas pada pemahaman konsep IPAS memperoleh hasil sig>0,05 dengan data pretest 0,063>0,05 dan data posttest 0,078>0,05. Pada uji Normalitas keterampilan proses IPAS memperoleh hasil sig>0,05 dengan data pretest 0,077>0,05 dan data posttest 0,094>0,05. Pada uji N-gain diperoleh nilai sebesar 0,67 yang berada pada rentang 0,3?g?0,7 dengan kriteria peningkatan sedang. Berdasarkan hasil diatas, dapat disimpulkan temuan ini bahwa terdapat perbedaan perbedaan rata-rata hasil belajar IPAS sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...