Al Naqdu: Jurnal Kajian Keislaman
Vol 5 No 1 (2024): JUNI 2024

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS N 10 CIREBON

Sugito Atmaja (Unknown)
Ibrohim , Fauzan (Unknown)
Cahya Trisno (Unknown)
Ijah Bahijah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menelaah mengenai permasalahan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran fiqih kelas VIII di Mts N 10 Cirebon. Rasa ketertarikan mengenai suatu hal atau aktivitas tertentu yang baik seperti pembelajaran akan membawa dampak positif terhadap anak, misalnya meningkatkan minat pembelajaran tanpa adanya paksaan. Hal tersebut tidak lepas dari upaya dan peran penting seorang guru sebagai pendidik disekolah. Upaya guru dalam meningkatkan minat merupakan hal yang penting, siswa yang memiliki minat atau rasa ketertarikan terhadap suatu hal misalnya dalam pembelajaran akan membantu berjalannya proses pembelajaran dan membantu mencapai tujuan belajar. Dan minat atau rasa ketertarikan itu muncul dari diri sendiri secara alami tetapi ada faktor-faktor yang mempengaruhinya berupa suatu dorongan atau rangsangan, disitulah peran guru untuk melakukan upaya-upaya tersebut. Hal tersebut tak lepas dari peran guru dalam pembelajarannya: 1).Guru sebagai pendidik 2).Guru sebagai Perencana 3).Guru sebagai fasilitator Kata kunci : Upaya Guru, Minat Belajar, Mata Pelajaran Fiqih

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alnaqdu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Library & Information Science Social Sciences

Description

Al Naqdu: Jurnal Kajian Keislaman menyambut baik kontribusi berupa artikel dari para ilmuwan, cendekiawan, profesional, dan peneliti disiplin ilmu meliputi manajemen pendidikan Islam, pendidikan agama islam, pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, pendidikan bahasa arab, hukum keluarga islam, ekonomi ...