Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development
Volume 4 Nomor 2 Tahun 2024

Pengembangan Prototype Buku Jujur untuk Meningkatkan Sikap Jujur pada Siswa

Febriani, Febriani (Unknown)
Sinring, Abdullah (Unknown)
Harum, Akhmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji buku jujur yang digunakan dalam bibliokonseling untuk meningkatkan sikap jujur siswa. Tujuan penelitian mencakup: (1) Mengidentifikasi kebutuhan buku jujur, (2) Mengembangkan prototipe buku jujur, (3) Menilai validitas buku, dan (4) Menguji kepraktisan buku dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi tujuh tahap, mulai dari riset awal hingga uji coba lapangan dalam kelompok kecil. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket, dengan analisis data kualitatif melalui analisis isi dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa membutuhkan media untuk meningkatkan sikap jujur, tetapi belum ada media yang tersedia di sekolah. Prototipe buku jujur yang dikembangkan telah divalidasi oleh para ahli, menunjukkan tingkat kevalidan yang tinggi, dan uji coba dengan kelompok kecil menunjukkan bahwa buku tersebut sangat praktis digunakan. Dengan demikian, buku jujur ini dinyatakan layak untuk diuji cobakan secara luas

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijosc

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development merupakan jurnal ilmiah yang dikelola secara Peer Review, diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, dengan p-ISSN: 2775-1708 dan e-ISSN: 2775-555X ...