Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji buku jujur yang digunakan dalam bibliokonseling untuk meningkatkan sikap jujur siswa. Tujuan penelitian mencakup: (1) Mengidentifikasi kebutuhan buku jujur, (2) Mengembangkan prototipe buku jujur, (3) Menilai validitas buku, dan (4) Menguji kepraktisan buku dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi tujuh tahap, mulai dari riset awal hingga uji coba lapangan dalam kelompok kecil. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket, dengan analisis data kualitatif melalui analisis isi dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa membutuhkan media untuk meningkatkan sikap jujur, tetapi belum ada media yang tersedia di sekolah. Prototipe buku jujur yang dikembangkan telah divalidasi oleh para ahli, menunjukkan tingkat kevalidan yang tinggi, dan uji coba dengan kelompok kecil menunjukkan bahwa buku tersebut sangat praktis digunakan. Dengan demikian, buku jujur ini dinyatakan layak untuk diuji cobakan secara luas
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024