Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development
Volume 4 Nomor 2 Tahun 2024

Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Penerapan Teknik Cinematherapy

Rahman, Alif Alfiansyah (Unknown)
Saman, Abdul (Unknown)
Harum, Akhmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik cinematherapy dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas XI SMAN. Menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental One-Group Pretest-posttest, sampel penelitian terdiri dari 25 peserta didik yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif inferensial. Hasil menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan diri meningkat dari rata-rata pretest 139,9 menjadi 142,9 setelah intervensi cinematherapy yang dilaksanakan dalam enam pertemuan. Uji hipotesis dengan uji t mengonfirmasi bahwa teknik cinematherapy secara signifikan meningkatkan kepercayaan diri peserta didik (t hitung = 8,824 > t tabel = 1,711).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijosc

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development merupakan jurnal ilmiah yang dikelola secara Peer Review, diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, dengan p-ISSN: 2775-1708 dan e-ISSN: 2775-555X ...