Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development
Volume 4 Nomor 2 Tahun 2024

Strategi Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier Siswa melalui Teknik Problem Solving

Ayu, Andini Tri (Unknown)
Buchori, Sahril (Unknown)
Umar, Nur Fadhilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan teknik problem solving untuk meningkatkan kemampuan perancanaan karier siswa kelas XII di SMA . Adapun Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 responden yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu 15 responden untuk kelompok eksperimen dan 15 responden untuk kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan t-test dengan jenis independent sample t-test. Berdasarkan hasil sebelum dan setelah pemberian perlakuan, diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis dengan nilai sig. (2-tailed) = 0,000< α = 0,05 menunjukkan H0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik problem solving dapat meningkatkan kemampuan perancanaan karier siswa kelas XII di SMA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijosc

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development merupakan jurnal ilmiah yang dikelola secara Peer Review, diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, dengan p-ISSN: 2775-1708 dan e-ISSN: 2775-555X ...