Jurnal Tahsinia
Vol 5 No 1 (2024): April

MANAJEMEN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SDN LANGGENGSARI

Ahsan, Moh (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pengelolaan dari penunjang pembelajaran yakni media peraga dalam mendukung mutu pembelajaran, secara khusus pada pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar. Media pembelajaran yang digunakan oleh seorang guru pada saat ini tidak hanya media pembelajaran yang berupa papan tulis, gambar, poster, model-model, dan lain-lain tetapi sekarang dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk mendapatkan media pembelajaran yang lebih lengkap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen peningkatan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini bahwa Guru harus kreatif dalam penggunaan media pembelajaran, selalu mengkomunikasikan kepada anak-anak didiknya, menemukan sesuatu ide-ide dalam bentuk yang baru, dan mempunyai tanggung jawab yang sangat besar, sehingga dalam pelaksanaannya banyak kendala yang dihadapi dalam rangka meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar. Biasanya salah satu faktor atau alasan tidak dimanfaatkannya media pembelajaran atau media itu terabaikan pada umumnya disebabkan oleh waktu persiapan mengajar terbatas, sulit mencari media yang tepat, biaya tidak tersedia, antusiasme peserta didik dan lain-lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ths

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Tahsinia [ISSN (e): 2797-5452 | ISSN (p): 2685-2047] adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan topik ilmu pendidikan yang diterbitkan oleh STIT Rakeyan Santang Karawang. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu April dan Oktober. Jurnal Tahsinia ...