Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa menghadapi era revolusi industri 4.0 dunia pendidikan di Indonesia diwajibkan untuk berevolusi dan berinovasi dengan cepat untuk dapat menghasilkan lulusan yang mampu bersaing, salah satunya dengan pengembangan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan global dan inovasi pembelajaran dan pengajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pendidikan di era revolusi industri 4.0. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pendidikan merupakan sebuah kegiatan yang paling pokok dalam proses pendidikan, dimana untuk pencapaian tujuan pendidikan sangat ditentukan kepada bagaimana pelaksanaan manajemen pendidikan di sebuah lembaga pendidikan berjalan dengan baik sesuai prinsip-prinsip manajemen pendidikan diantaranya yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pendidikan. Inovasi pembelajaran yang dilakukan adalah memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang pesat di era revolusi industri 4.0 ini untuk meningkatkan mutu pembelajaran, upaya-upaya yang dilakukan mampu bertahan dan berkesinambungan agar bisa berjalan dengan baik bilamana manajemen pendidikan sebuah lembaga pendidikan tidak berjalan dengan baik.
Copyrights © 2023