Jurnal Tahsinia
Vol 4 No 2 (2023): Oktober

MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENULIS KARANGAN SEDERHANA DI KELAS IV SD

Wahyu Hoerudin, Cecep (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pembelajaran bahasa Indonesia mempunyai banyak sekali fungsi yang sangat berpengaruh bagi perkembangan siswa, salah satunya adalah bahwa bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat komunikasi, yang tentu saja dapat mempengaruhi perkembangan peserta didik dalam hal pengetahuan dan keterampilan berbahasa, sehingga peserta didik dapat dengan mudah berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis karangan sederhana. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus, terdiri dari dua pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Experiential Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis karangan sederhana. Persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 80%, siklus II sebesar 85%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penerapan metode Experiential Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis karangan sederhana kelas IV.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ths

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Tahsinia [ISSN (e): 2797-5452 | ISSN (p): 2685-2047] adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan topik ilmu pendidikan yang diterbitkan oleh STIT Rakeyan Santang Karawang. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu April dan Oktober. Jurnal Tahsinia ...