Penelitian ini dilatar belakangi oleh sistem manajemen keuangan dan pembiayaan pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Iman, yang termasuk kedalam lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa konsep manajemen keuangan dan pembiaayan pendidikan. Metode deskriptif-kualitatif ialah metode yang digunakan untuk penelitian ini. Adapun data yang diperoleh menggunakan data primer yakni data yang didapatkan secara langsung dari lembaga tersebut, selain itu ditunjang oleh data sekunder yakni dengan pustaka yang dimuat dari beberapa referensi buku untuk mencari landasan teori dari beberapa para ahli. Pengumpualan menggunakan wawancara langsung kepada narasumber. Hasil yang didapatkan bahwasanya MA Nurul Iman memanaje keuangannya dengan sistematis dan pembiayaan pendidikannya secara efektif dan efisien. Dimulai dari perencanaan, penggunaan keuangan, pengawasan dan evaluasi serta pertanggungjawaban, pelaporan serta pertanggung jawaban. Tata pengelolaan dari pihak sekolah sangat diperhatikan sampai ada tim khusus, seperti adanya PKM yang membantu mengatur keuangan sekolah. Selain itu dari pembiayaan pendidikan diatur dengan efektif dan efisiensi guna untuk menunjang pembelajaran baik dari pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik. Kemudian dialokasikan terhadap sarana dan prasarana untuk memfasilitasi pembelajaran dan mengembangkan bakat dari peserta didiknya.
Copyrights © 2023