Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Vol 10, No 2: November 2023

Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar matematika

Chrisdiyanto, Endar (Unknown)
Hamdi, Syukrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan problem based learning (PBL) danĀ  problem solving (PS) ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Pretest-Posttest Group Design. Populasi dalam penelitian ini siswa SMP di Gantiwarno dan sampel penelitian kelas VIIIC dan VIIID. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis, angket kemandirian belajar siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Validitas isi dilakukan dengan v aiken diperoleh nilai v hitung pretest sebesar 0,97 dan v hitung posttest sebesar 0,99 lebih besar dari v tabel. Estimasi reliabilitas dengan alpha croncbach diperoleh hasil estimasi nilai reliabitas pretest sebesar 0,861, posttest sebesar 0,832, dan angket sebesar 0,90. Hasil reliabilitas alpha croncbach ini 0,70 maka reliabilitas terpenuhi. Hasil penelitian dan analisis data diperoleh bahwa pendekatan PBL lebih efektif dibandingkan pendekatan PS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa SMP.

Copyrights © 2023