Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani
Vol. 12 No. 2 (2024): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani

Dampak Pelatihan Tari Terhadap Rasa Percaya Diri Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Kayong Utara: Dampak Pelatihan Tari Terhadap Rasa Percaya Diri Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Kayong Utara

oktariani, dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dampak pelatihan tari terhadap rasa percaya diri guru sekolah dasar di Kabupaten Kayong Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang melakukan observasi, wawancara dan mendokumentasikan data serta mengolahnya dalam bentuk kalimat. Hasil penelitian dari analisis data dikumpulkan beserta reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SD yang mengikuti pelatihan gerak dasar tari Melayu dan Dayak Kalimantan Barat tampak memiliki sikap percaya diri. Indikator yang terlihat adalah rasa percaya diri, obyektifitas, optimisme, dan rasa tanggung jawab yang diwujudkan pada saat latihan gerak dasar tari. Pelatihan tari dalam kegiatan pembelajaran gerak dasar tari Melayu dan Dayak menimbulkan dampak rasa percaya diri pada guru

Copyrights © 2024