Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara signifikan sikap belajar, kebiasaan belajar, motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMP kelas VIII di Kecamatan Rarowatu Utara dan Kecamatan Lantari Jaya. Penelitian menggunakan model penelitian Ex Post Facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VIII di Kecamatan Rarowatu Utara dan Kecamatan Lantari Jaya tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 200 siswa dan dengan menggunakan teknik simple random sampling diperoleh 134 sampel. Data dikumpulkan menggunakan angket dan tes hasil belajar. Kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakn uji t, uji f dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh positif yang signifikan secara parsial sikap belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMP kelas VIII di Kecamatan Rarowatu Utara dan Kecamatan Lantari Jaya; (2) Ada pengaruh positif yang signifikan secara parsial kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMP kelas VIII di Kecamatan Rarowatu Utara dan Kecamatan Lantari Jaya; (3) Ada pengaruh positif yang signifikan secara parsial motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMP kelas VIII di Kecamatan Rarowatu Utara dan Kecamatan Lantari Jaya; serta (4) Ada pengaruh positif yang signifikan secara simultan sikap belajar, kebiasaan belajar, dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMP kelas VIII di Kecamatan Rarowatu Utara dan Kecamatan Lantari Jaya
Copyrights © 2023