Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika
Vol 9, No 1 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa

Saputra Jamal, Ilham Eka (Unknown)
Samparadja, Hafiludin (Unknown)
Baharuddin, Baharuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar siswa yang terbagi dalam tiga kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini merupakan Quasi eksperimental design dengan menggunakan posttest-only control design. Populasidalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lalolae tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dalam 2 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Lalolae yang diajar dengan modelpembelajaran problem based learning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Kemudian untuk hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning dan pembelajaran konvensional ditinjau dari kategori kemandirian belajar siswa, diperoleh bahwa pada kategori tinggi tidak terdapat perbedaan rata-rata, pada kategori sedang terdapat perbedaan rata-rata dan pada kategorirendah tidak terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara signifikan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran problem based learninglebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2024