Jurnal Pendidikan
Vol 6 No 1 (2024): Pedagogos : Jurnal Pendidikan

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Project Beased Learning (PjBL) Pada Kelas X – E SMA Negeri 3 Pekat

Junaidin, Junaidin (Unknown)
Karsina, Karsina (Unknown)
Putra, Andi (Unknown)
Raudah, Siti (Unknown)
Asiah, Asiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Sejarah merupakan pelajaran yang kurang begitu diminati oleh sebagian besar siswa. Yang katanya membosankan, banyak hafalanlah, bahkan yang paling menyedihkan karena tidak masuk dalam perhitungan untuk masuk perguruan tinggi negeri maupun swasta favorit melalui jalur raport, sehingga siswa terkadang mengikuti pelajaran asal-asalan, bahkan terkesan ogah – ogahan. Apalagi bagi peserta didik program MIPA, sejarah benar-benar bukan pelajaran favorit, sehingga mereka mengikutinya setengah hati. Apalagi kalau jam pelajaranya jatuh jam terakhir, banyak siswa yang terlalu sering menguap, ijin ke belakang, atau bahkan ada yang tertidur dengan sangat pulas. Sebagai guru sejarah, tentu saya sangat sedih menyadari pelajaran saya kurang diminati oleh Peserta Didik. Saya merasa benar – benar tertantang untuk menunjukkan jati diri sebagai guru sejarah, agar tidak di pandang sebelah mata. Saya juga mau pelajaran saya di minati dan di senangi, layaknya Fisika, Kimia, Bahasa Inggris, dan lain – lain yang semacam pelajaran vaforit. Berbeda dengan pelajaran-pelajaran lain yang masuk dalam deretan Mapel yang di OSN kan .Mereka terkesan sangat antusias karena mungkin mereka takut tidak terakui. Diskrimanasi terhadap pelajaran ini, tentu sebenarnya sangat tidak baik. Namun apa daya, pemerintah telah menetapkan hal tersebut. Sehingga sebagai guru mau tidak mau harus mengikuti aturan dan ketetapan yang ada. Meski terkadang rasa frustasi menyerang diri, ketika mengingat betapa tak menariknya pelajaran ini. Padahal materi telah kita persiapkan dengan sabaik mungkin. Kami sering bertukar pikiran dengan sesama guru sejarah, bahkan dengan guru – guru lain yang serumpun, ternyata keluhanya pun tidak berbeda. Terkadang kami terlibat diskusi panjang untuk mendapatkan pengetahuan pengalaman temen sejawat dalam aktifitas belajar mengajar. Sebenarnya kondisi ini tidak merata di semua kelas. Ada beberapa kelas yang memiliki antusias dalam belajar sejarah. Apapun metode yang digunakan dalam kelas tersebut mampu menarik minat siswanya. Namun sebaliknya, ada beberapa kelas yang kurang minat dalam belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gg

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Pedagogos merupakan media publikasi ilmiah yang disediakan untuk menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian diberbagai bidang keilmuan dari kalangan guru-guru dosen, mahasiswa dan praktisi peneliti yang fokusnya di bidang ...