Jurnal Pendidikan
Vol 6 No 2 (2024): Pedagogos : Jurnal Pendidikan

Penerapan Project Based Learning Dalam Kurikulum Merdeka Untuk Mengembangkan Hardskill dan Softskill Peserta didik Sekolah Dasar: Literatur Review

Ibrahim, Ibrahim (Unknown)
Syazali, Muhammad (Unknown)
Fauzi, Asrin (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2024

Abstract

Penerapan Project Based Learning (PjBL) dalam konteks pendidikan telah menjadi fokus penelitian yang semakin meningkat, terutama dalam upaya untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam berbagai aspek pembelajaran. Studi literatur ini mengumpulkan dan menganalisis sepuluh artikel ilmiah terakreditasi yang mengkaji efektivitas PjBL dalam mengembangkan hardskill dan softskill peserta didik sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL secara konsisten memberikan dampak positif terhadap kreativitas, pemecahan masalah, hasil belajar, kemandirian belajar, interaksi sosial, dan motivasi belajar peserta didik. Meskipun terdapat perbedaan dalam keterampilan kognitif dan metakognitif antara kelas eksperimen dan kontrol dalam beberapa penelitian, peningkatan yang signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah kreatif pada kelas eksperimen menegaskan efektivitas PjBL. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa PjBL memiliki potensi besar sebagai pendekatan pembelajaran yang relevan dan efektif dalam mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tuntutan pendidikan abad ke-21. Oleh karena itu, penerapan PjBL dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gg

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Pedagogos merupakan media publikasi ilmiah yang disediakan untuk menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian diberbagai bidang keilmuan dari kalangan guru-guru dosen, mahasiswa dan praktisi peneliti yang fokusnya di bidang ...