Penerapan Project Based Learning (PjBL) dalam konteks pendidikan telah menjadi fokus penelitian yang semakin meningkat, terutama dalam upaya untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam berbagai aspek pembelajaran. Studi literatur ini mengumpulkan dan menganalisis sepuluh artikel ilmiah terakreditasi yang mengkaji efektivitas PjBL dalam mengembangkan hardskill dan softskill peserta didik sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL secara konsisten memberikan dampak positif terhadap kreativitas, pemecahan masalah, hasil belajar, kemandirian belajar, interaksi sosial, dan motivasi belajar peserta didik. Meskipun terdapat perbedaan dalam keterampilan kognitif dan metakognitif antara kelas eksperimen dan kontrol dalam beberapa penelitian, peningkatan yang signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah kreatif pada kelas eksperimen menegaskan efektivitas PjBL. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa PjBL memiliki potensi besar sebagai pendekatan pembelajaran yang relevan dan efektif dalam mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tuntutan pendidikan abad ke-21. Oleh karena itu, penerapan PjBL dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar.
Copyrights © 2024