Strategi marketing penting dalam meningkatkan minat melakukan sport massage karena dapat memperkenalkan manfaat layanan tersebut, menarik perhatian calon pasien, dan membangun kepercayaan serta kesadaran merek yang pada akhirnya mendorong keputusan mereka untuk mencoba sport massage. Artikel ini menganalisis bagaimana strategi marketing Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sport massage Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) untuk meningkatkan minat pasien dalam melakukan sport massage, dalam hal ini adalah masyarakat keolahragaan dan masyarakat umum yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Tujuan yang akan dicapai adalah bagaimana strategi marketing yang dilakukan UKM sport massage, bagaimana minat masyarakat di NTB terkait dengan sport massage dan bagaimana perkembangan keberadaan UKM sport massage UNDIKMA kedepannya. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, dengan subyek penelitian UKM sport massage UNDIKMA. Teknik pengumpuan data dengan dokumentasi, observasi dan wawancara dengan teknik purposive. Analisis data dengan metode deskriptif dan analisis statistik denagn mencari persentase. Hasil penelitian Strategi marketing mix yang dilakukan yang lebih ditekankan adalah strategi price layanan. Peningkatan jumlah pasien dari tahun 2022 ke 2023 sebesar 30,87 %. Tantangan persaingan dan perkembangan ke depan UKM sport massage UNDIKMA kedepan adalah menyediakan dan mencetak mahasiswa yang berminat di massage untuk benar-benar ahli dalam praktik sport massage.
Copyrights © 2024