Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 18 Makassar

Lahlau, Keren (Unknown)
Safira, Ifa (Unknown)
Masni, Masni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 18 Makassar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berlansung 2 siklus. Subjek data dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 3 sebanyak 34 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Yang diananalisis dengan menggunakan kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis juga dengan menggunakan rumus minat belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan minat belajar peserta didik. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan observasi aktivitas minat belajar peserta didik pada siklus I 2,9% dan pada siklus II 29,41% serta didukung dengan hasil pengamatan rata-rata angket minat belajar peserta didik dari siklus I sebesar 64,08% ke siklus II sebesar 74,55%. Hal ini menunjukan bahwa minat belajar peserta didik telah melampaui kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu 70%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 18 Makassar. Kata kunci: Penerapan metode diskusi, meningkatkan minat belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...