Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

PERAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD INPRES KANTISANG MAKASSAR

Novia, Novia (Unknown)
Muhammadiah, Mas'ud (Unknown)
Lutfin, Nursamsilis (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran Role Playing siswa kelas V SD Inpres Kantisang Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan dan 4) refleksi. Masing-masing siklus I dan II dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Inpres Kantisang Makassar tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 30 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode observasi dan tes. Data yang di peroleh dianalisis dengan statistika deskritif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketuntasan siklus II bermain drama dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing siswa kelas V SD Inpres Kantisang Makassar siklus II sebesar 89,65% atau 26 dari 30 siswa masuk dalam katagori tuntas dan 10,34% atau 4 dari 30 siswa masuk dalam katagori tidak tuntas. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa tingkat hasil pencapaian KKM siklus II bermain drama dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing telah berhasil atau terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia bermain drama dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing siswa kelas V SD Inpres Kantisang Makassar yang disesuaikan KKM sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...