Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca puisi dengan menggunakan media audiovisual pada siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di kelas IV UPT SPF SD Negeri Pampang berjumlah 30 siswa dengan menggunakan dua siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil peningkatan keterampilan membaca puisi ialah 70,1. Pada siklus II nilai rata-rata hasil peningkatan keterampilan membaca puisi 82,1. Ketuntasan kemampuan keterampilan membaca puisi siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Pampang Kota Makassar mengalami peningkatan. Pada siklus I, dari 14 (46,6%) siswa mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II sebanyak 24 (80%) siswa mencapai ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal tercapai. Hal ini berarti ketuntasan belajar pada siklus II tercapai secara klasikal karena jumlah siswa yang tuntas mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran peningkatan keterampilan membaca puisi menggunakan media audiovisual pada siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Pampang Kota Makassar mengalami peningkatan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023