Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

Efektivitas Penggunaan Metode Indeks Card Macth Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD Inpres Tamamaung III Makassar

Putri, Gemaya (Unknown)
Yunus, Muhammad (Unknown)
Nur Arsyad , Susalti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Index Card Match terhadap hasil belajar IPS siswa SD Inpres Tamamaung III Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Inpres Tamamaung III Makassar yang terdiri dari dua kelas. Sampel diperoleh secara acak dan terpilih kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 30 orang dan kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 34 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan dokumentasi. Data yang diperoleh di analisis dengan: (1) teknik analisis deskriptif menggunakan SPSS 25; (2) analisis inferensial yang meliputi: uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t (independent sampel test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan metode Index Card Match memiliki hasil belajar yang tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Index Card Match efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres Tamamaung III.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...