Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 1 (2024): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMBACA PERMULAAN DI KELAS II UPT SPF SD INPRES MONGISIDI

Coralia, Febriyanti (Unknown)
Bakri, Muhammad (Unknown)
Angreani, A.Vivit (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam membaca permulaan di kelas II UPT SPF SD Inpres Mongisidi. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah banyaknya peserta didik di kelas rendah yang mengalami kesulitan dalam membaca. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan di UPT SPF SD Inpres Mongisidi tahun 2023, subjek penelitian ini adalah siswa kelas II dengan jumlah 29 siswa dengan jumlah 1 guru kelas II UPT SPF SD Inpres Mongisidi.Teknik Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian tentang analisis kesulitan siswa dalam membaca permulaan di kelas II UPT SPF SD Inpres Mongisidi dapat dikatakan cukup baik. Selama proses pembelajaran peneliti melihat situasi pembelajaran yang kondusif. Namun beberapa siswa tidak memperhatikan pembelajaran yang disebabkan oleh beberapa faktor yang di alami siswa . ketika peneliti mewawancarai siswa ditemukan beberapa faktor yang menjadi kesulitan membaca permulaan diantaranya lingkungan keluarga, metode pembelajaran dan gangguan dari teman. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan siswa dalam kesulitan membaca permulaan yaitu guru dan orang tua saling bekerja sama untuk memberikan motivasi agar siswa lebih giat dalam belajar, memberikan jam pelajaran tambahan setelah pulang sekolah, dan guru menggunakan media serta metode pembelajaran yang lebih kreatif sehingga siswa lebih tertarik pada pembelajaran. Kata Kunci : Analisis Kesulitan, membaca permulaan, Peserta didik, Sekolah Dasar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...