Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPPW kelas XII UPW di SMKN 1 Kota Bengkulu . Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilanjutkan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII UPW 1 SMKN 1 Kota Bengkulu yang berjumlah berjumlah 32 siswa, sedangkan kelas XII UPW 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 siswa dan kelas XII UPW 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktifitas guru dalam menerapkan model pembelajaran, kemampuan berpikir kritis, dan tes tertulis untuk mengukur prestasi belajar siswa. Tehnik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi dan tes, analisis data menggunakan skor rata-rata dan uji-t yang terdiri dari uji beda antar siklus dan uji beda dua sampel yang tidak berhubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar serta efektifitas prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Perencanaan pengelolaan perjalanan wisata kelas XII UPW SMKN 1 Kota Bengkulu
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023