Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan
Vol 13 No 2 (2023): Oktober 2023

PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR

Sofi Purnama Destari (Unknown)
Alexon (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan seperangkat asesmen kinerja untuk mengukur keterampilan proses sains siswa yang layak serta valid pada praktikum suhu dan perubahannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development dengan 2 kali uji lapangan yaitu uji coba terbatas dan uji luas. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPN 05 Lebong kelas 7B sebagai sampel uji coba terbatas, SMPN 15 Lebong kelas 7B, SMPN 12 Lebong sebagai sampel uji luas. Validasi desain dilakukan dengan uji validasi oleh ahli ditinjau dari aspek materi, isi, bahasa dengan rata-rata kelayakan yang didapatkan sebesar 0,85 dan dinyatakan valid pada uji validasi. Hasil uji coba observasi keterampilan proses sains (KPS) pada uji coba terbatas dan uji luas mendapatkan persentase skor 81,11% untuk uji coba terbatas, dan 81,39% untuk uji luas. Adapun persentase performance asesssment (asesmen kinerja) di ketiga sekolah mendapatkan rata-rata presntase skor yang baik yaitu sebesar 80,25%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

diadik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Diadik : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal ini memuat hasil penelitian maupun kajian yang berkaitan dengan perkembangan teknologi ...