Rendahnya kesadaran untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dialami siswa sehingga diperlukan peran orang tua dan sekolah. Peningkatan kesadaran melanjutkan pendidikan di tingkat SMP merupakan fokus pengabdian ini, dengan fokus khusus pada upaya yang dilakukan oleh orang tua dan sekolah setelah pemberian sosialisasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat yaitu PAR (Participatory Action Research). Hasil pengabdian menunjukkan dampak positif dari sosialisasi kepada orang tua dan sekolah. Orang tua menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman mereka tentang pentingnya kelanjutan pendidikan, mencapai tingkat kepuasan sebesar 85%. Sosialisasi juga memperkuat kolaborasi antara orang tua dan sekolah, tercermin dalam peningkatan partisipasi orang tua dalam kegiatan pendidikan sebesar 70%. Sekolah melaporkan peningkatan keterlibatan orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di kelas. Dampak pada siswa terlihat melalui peningkatan tingkat kehadiran sebesar 10% dan partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler yang meningkat sebesar 18%. Nilai rata-rata siswa juga mengalami kenaikan sebesar 8%, menandakan peningkatan prestasi akademis.
Copyrights © 2024