EDUPEDIA
Vol 8, No 1 (2024): April

PENGEMBANGAN GAME MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK TEMA BINATANG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI SIULAK MUKAI

Saputri, Ofrima Eka (Unknown)
Sofyan, Hendra (Unknown)
Muazzomi, Nyimas (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah  media pembelajaran berupa game multimedia interaktif untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolik tema binatang pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Siulak Mukai. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Metode pengumpulan data adalah kuesioner. Data diolah menggunakan analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Subjek uji coba dari penelitian dilakukan pada para ahli dan validator. Penelitian diperlukan validasi dari tim ahli, yaitu 1 orang dosen ahli media dan 1 orang dosen ahli materi yang berasal dari dosen program studi PGPAUD FKIP Universitas Jambi dan 6 orang guru yang ada di TK Pertiwi Siulak Mukai. Berdasarkan hasil uji game multimedia interaktif dapat dilakukan melalui uji validitas. Hasil penelitian validasi materi mendapat persentase 87,5% (sangat baik) dan validasi media pada persentase 95,83% (sangat baik). Hasil uji terhadap respon guru diperoleh persentase 93,23% (sangat baik dan layak digunakan).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edupedia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mahasiswa dengan ruang lingkup pendidikan dan pengajaran ISSN Cetak 2614-1434 ISSN Online 2614-4409 ...