Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum berkembangnya kosakata anak dan kurangnya variasi media pengajaran kosakata kepada anak oleh guru. Selama ini guru hanya mengajarkan bahasa dan kosakata kepada anak dengan menggunakan alat sederhana seperti buku cerita dan powerpoint sebagai media pembelajaran dalam mengembangkan kosakata anak. Di era globalisasi saat ini, guru dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk meningkatkan kemampuan kosa kata anak. Salah satu media dalam mengembangkan kosa kata pada anak adalah dengan metode bercerita dengan menggunakan media berbasis IT, seperti aplikasi zepeto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk eksperimen kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TK Laboratorium Universitas Padang dengan contoh kelas b2 dan b3 masing-masing berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, sehingga data diolah dengan uji kesesuaian (uji-t) menggunakan aplikasi SPSS 22.0 for Windows. Berdasarkan analisis data, rata-rata hasil tes dan postes kelompok tes sebesar 6 dan 1053. Sedangkan pada kelompok kontrol rata-rata hasil uji coba dan postes sebesar 5,6 dan 9,53. Hasilnya data berdistribusi normal dan homogen. Pada pengujian hipotesis dengan uji t independen sampel diperoleh nilai sig (2-tail) sebesar 0,012 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa bercerita dengan menggunakan aplikasi zepeto terbukti lebih efektif untuk pengembangan kosa kata pada anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024