Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi gerak terhadap keterampilan kinestetik pada anak usia 5-6 tahun di taman kanak-kanak Naurah Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 anak didik di taman kanak-kanak naurah kota makassar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 anak dengan 10 anak sebagai kelompok eksperimen dan 10 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Dalam penelitian ini diperoleh hasil Thitung yaitu 158 dan Ttabel yaitu 2,1009, maka diperoleh Thitung 158 >Ttabel 2,1009 =H0 ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh metode demonstrasi gerak terhadap keterampilan kinestetik anak. Sedangkan nilai Zhitung yang diperoleh yaitu 1.22 dan Ztabel yaitu 0,3944, maka diperoleh Zhitung 1.22> Ztabel 0,3944 = H0 ditolak dan H1diterima artinya ada pengaruh moetode demonstrasi gerak terhadap keterampilan kinestetik anak. Jadi dapat disimpulkan bahwa keterampilan kinestetik pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, inimembuktikan metode demonstrasi gerak memberikan pengaruh terhadap keterampilan kinestetik anak. Kata Kunci : metode demonstrasi gerak, keterampilan kinestetik, anak usia dini
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024