Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon
Vol. 12 No. 2 (2024): Mei-Agustus 2024

IMPLEMENTASI PRINSIP GAGASAN KURIKULUM MARIA MONTESSORI DALAM PEMBELAJARAN PAUD

Anggraeni, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi prinsip-prinsip kurikulum yang terinspirasi dari gagasan Maria Montessori dalam konteks pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kami menggunakan pendekatan library research untuk melakukan tinjauan terhadap berbagai sumber literatur, jurnal ilmiah, buku, dan dokumentasi terkait guna memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang prinsip-prinsip Montessori dan bagaimana prinsip-prinsip tersebut diterjemahkan ke dalam praktik pembelajaran sehari-hari anak usia dini. Tujuan penelitian meliputi pengenalan Montessori, pandangan Montessori, dasar pemikiran Montessori, penerapan prinsip-prinsip Montessori dalam kurikulum dan pembelajaran PAUD, Kurikulum Pembelajaran Montessori, Peran Guru dalam pembelajaran Montessori, serta kelebihan dan kekurangan kurikulum Montessori. Harapannya, hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan yang berharga bagi praktisi pendidikan PAUD dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJB

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengan lingkup: 1. Pendidikan dan Pembelajaran PAUD: 2. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, 3. Media Pembelajaran PAUD 4. Strategi ...