Penelitian bertujuan untuk mengetahuipengaruh keaktifan mengikuti pramuka terhadap karakter kepedulian sosial siswa generasi alpha, mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti pramuka terhadap kedisiplinan siswa generasi alpha, dan mengetahui severapa besar pengaruh keaktifan mengikuti pramuka terhadap karakter soaial siswa generasi alpha, (4) mengetahui seberapa besar pengaruh kedisiplinan terhadap karakter sosial siswa generasi alpha. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korasional. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan pendekatan SEM PLS dengan 60 sampel siswa kelas IV, V, dan VI SDN Baraya II Kota Makassar. Berdasarkan nilai koefisien jalur didapatkan bahwa variabel keaktifan mengikuti pramuka tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap karakter kepedulian sosial siswa generasi alpha. Variabel keaktifan mengikuti pramuka memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kedisiplinan siswa generasi alpha. Variabel keaktifan mengikuti pramuka memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel karakter sosial. Variabel kepedulian sosial tidak memiliki pengaruh yang singnifikan dengan nilai koefisien. This study aims to determine: (1) the effect of active participation in scouts on the social care character of alpha generation students, (2) the effect of active participation in scouts on the discipline of alpha generation students, (3) how the effect of active participation in scouts on the social character of alpha generation students, (4) how discipline affects the social character of alpha generation students. This research is a quantitative study with a correlational method. Data processing was carried out using the SEM PLS approach with 60 samples of students in grades IV, V, and VI of SDN Baraya II Makassar City. Based on the coefficient value, it is found that the scouting activity variable does not have a significant influence on the social care character of alpha generation students. The scouting activity variable has a significant influence on the discipline of alpha generation students and the scouting activity variable has a significant influence on the social character variable. The social care variable does not have a significant influence with the coefficient value.
Copyrights © 2023