Bosowa Journal of Education
Vol 4 No 1 (2023): Bosowa Journal of Education, Desember 2023

Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Peserta Didik Kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare

Lapi, Sulaiha (Unknown)
Hamsiah, Andi (Unknown)
Rahmaniah, Rahmaniah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Rading And Compotin (CIRC) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare pemahaman peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare danĀ  penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Rading And Compotin (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare sebanyak 25 orang peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pendekatan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, maka diperoleh nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V pada siklus I sebesar 71,36, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai 85,76. Untuk ketuntasan belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai tuntas sebesar 60% dan tidak tuntas sebesar 40%, sedangakn pada siklus II diperoleh nilai tunttas sebesar 96% dan tidak tuntas 4%., artinya penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. The aims of the study are to find out: (1) the effect of the application of the Cooperative Integrated Rading and Compotin (CIRC) learning model in improving the reading comprehension skills of class V students at UPTD SD Negeri 73 Parepare, (2) to determine whether the application of the Cooperative Integrated Rading and Compotin (CIRC) learning model can improve the reading comprehension skills of class V students at UPTD SD Negeri 73 Parepare. This type of research is Class Action Research (PTK). The number of samples in this research was 25 students in class V UPTD SD Negeri 73 Parepare. The data collection method used is observation. tests and documentation, while the data analysis technique used is a descriptive statistical approach. Based on the results of the analysis, the average score for reading comprehension skills for class V students in cycle I was 71.36, while in cycle II the score was 85.76. For student learning completeness in cycle I, the score was 60% complete and 40% incomplete, while in cycle II the score was 96% complete and 4% incomplete, it means that the application of the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning model in learning reading comprehension skills for class V students at UPTD SD Negeri 73 Parepare has a significant impact on improving student learning outcomes.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Bosowa Journal of Education menerbitkan artikel yang pada bidang pendidikan dasar, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sains, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia dan pendidikan anak usia ...