Bosowa Journal of Education
Vol 4 No 2 (2024): Bosowa Journal of Education, Juni 2024

Pemanfaatan Aplikasi Comica Dan Dampaknya Terhadap Minat Dan Keterampilan Menulis Cerita Siswa Sekolah Dasar Di Kota Makassar

Sugiarty, Henny (Unknown)
Asdar, Asdar (Unknown)
Hamsiah, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pemanfaatan aplikasi Comica terhadap minat menulis siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar dan mendeskripsikan dampak pemanfaatan aplikasi Comica terhadap keterampilan menulis cerita siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yang didesain dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar. Sampel penelitian ini berjumlah 49 orang siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing-masing kelompok terdiri atas 25 orang siswa UPT SPF SDN Pongtiku 2 dan 24 orang siswa SDS Muhammadiyah Mimbar Kota Makassar. Setelah melakukan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa (1) Hasil uji-t menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada minat dan keterampilan menulis cerita pada kelas yang telah diberi perlakuan penggunaan aplikasi Comica sebagai kelas eksperimen. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 80,32 > 58,5. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima dengan nilai Sig. (2-tailed = 0,000) < ½ a (0,05). Pembelajaran menulis cerita dengan menggunakan aplikasi Comica pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan aplikasi Comica (metode konvensional). This research aims to: (1) Describe the impact of using the Comica application on elementary school students' interest in writing in Makassar City, and (2) Describe the impact of using the Comica application on the story writing skills of elementary school students in Makassar City. This type of research is experimental research, the research approach used is a quantitative approach, which was designed using a pretest-posttest control group design research design. The population in this study were elementary school students in Makassar City. The research sample consisted of 49 students who were divided into two groups, namely the experimental group and the control group with each group consisting of 25 students from UPT SPF SDN Pongtiku 2 and 24 students from SDS Muhammadiyah Mimbar Makassar City. After conducting research, the researchers concluded that (1) The t-test results showed a significant increase in interest and story writing skills in classes that had been treated using the Comica application as an experimental class. Average valueposttest the experimental class is greater than the average value of the control class, namely 80.32 > 58.5. The results of the hypothesis test show that Ho is rejected and H1 is accepted with a Sig value. (2-tailed = 0.000) < ½ a (0.05). Learning to write stories using the Comica application in the experimental class is more effective compared to students who do not use the Comica application (conventional method)..

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Bosowa Journal of Education menerbitkan artikel yang pada bidang pendidikan dasar, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sains, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia dan pendidikan anak usia ...