Pengembangan konsep moderasi Islam (wasathiyyah) menjadi tulang punggung dalam membentuk Islam yang berkemajuan di Indonesia. Pengembangan pendidikan di kalangan Muhammadiyah menjadi salah satu kontribusi besar pengembangan gagasan ke-Indonesia-an dan pendidikan di Indonesia. Kurikulum pendidikan yang dikembangkan Muhammadiyah adalah respon dari perubahan sosial budaya, tantangan-tatangan yang dihadapi pendidikan di Muhammadiyah, dan pendidikan di Indonesia secara umumnya. Kurikulum-kurikulum yang dikembangkan terus dievaluasi dan diperbaiki untuk dapat memberikan hasil manusia moderat (wasathiyyah) dan berkemajuan (islah wa maslahah). Pada akhirnya upaya dari pengembangan pendidikan adalah mengharapkan siswa didik yang seimbang imtak dan iptek, dan pada akhirnya dapat menjadi solusi rahmatan lil alamin. Tulisan ini adalah ulasan dari pengalaman keterlibatan penulis dalam pengembangan pendidikan di Muhammadiyah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021