Al-Imam : Journal on Islamic Studies, Civilization And Learning Societies
Vol 2 (2021)

Pengembangan Kurikulum Moderasi Islam (Wasathiyyah) dan Karakter Muslim Moderat yang Bertakwa di dalam Lingkungan Muhammadiyah

Abbas, Afifi Fauzi (Unknown)
Afifi, Abdullah A (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2021

Abstract

Pengembangan konsep moderasi Islam (wasathiyyah) menjadi tulang punggung dalam membentuk Islam yang berkemajuan di Indonesia. Pengembangan pendidikan di kalangan Muhammadiyah menjadi salah satu kontribusi besar pengembangan gagasan ke-Indonesia-an dan pendidikan di Indonesia. Kurikulum pendidikan yang dikembangkan Muhammadiyah adalah respon dari perubahan sosial budaya, tantangan-tatangan yang dihadapi pendidikan di Muhammadiyah, dan pendidikan di Indonesia secara umumnya. Kurikulum-kurikulum yang dikembangkan terus dievaluasi dan diperbaiki untuk dapat memberikan hasil manusia moderat (wasathiyyah) dan berkemajuan (islah wa maslahah). Pada akhirnya upaya dari pengembangan pendidikan adalah mengharapkan siswa didik yang seimbang imtak dan iptek, dan pada akhirnya dapat menjadi solusi rahmatan lil alamin. Tulisan ini adalah ulasan dari pengalaman keterlibatan penulis dalam pengembangan pendidikan di Muhammadiyah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

imam

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Multidisciplinary journal on Islamic Studies, Civilization and Learning Societies. This journal is a 2nd generation publication published by IDRIS Darulfunun Institute (published before under the same name in the 1920s). The ultimate objective of this journal is to disseminate knowledge in Islamic ...