Abstract. The influence of the Yanbu'a Method to Improve the Ability to Read and Memorize the Qur'an of Santri at the Modern Islamic Boarding School Al-Jumhuriyah Subang, the method is about the method of studying the Qur'an whose sanadnya comes from Kyai Haji Arwani Sa'id from Qudus Central Java. The Yanbu'a method is characterized by this method not using harakat and reading it is not allowed to spell and adjusted makhorijul huruf. Researchers chose this research at the Al-Jumhuriyah Subang Islamic Boarding School because the pesantren has been implementing learning using the yanbu'a method for 3 years. The research results obtained are: (1) Implementation of yanbu'a method to improve the ability to read and memorize al-qur'an of students in modern boarding school Al-Jumhuriyah Subang able to read and memorize al-qur'an properly and correctly (2) The effect of yanbu'a method to improve the ability to read and memorize al-qur'an of students in modern boarding school al-jumhuriyah Subang, can be seen from the results of the calculation of SPSS version 27, from the Anova test table above, the significant value of the pre-test and post-test results is 0.075 <0.05, so it can be concluded that the yanbu'a method variable (X) has a significant effect on the ability to read and memorize the Qur'an (Y). (3) There are supporting and inhibiting factors for the influence of the yanbu'a method to improve the ability to read and memorize the al-qur'an of students at the modern boarding school Al-Jumhuriyah Subang, the supporting factor is the influence of the yanbu'a method to improve the ability to read and memorize the al-qur'an of the students. Abstrak. Pengaruh Metode Yanbu’a untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menghafal Al-qur’an Santri di Pondok Pesantren Modern Al-Jumhuriyah Subang, metode tersebut tentang metode mempelajari Al-Qur’an yang sanadnya itu berasal dari Kyai Haji Arwani Sa’id dari Qudus Jawa Tengah. Metode Yanbu’a memiliki ciri khas metode ini tidak menggunakan harakat dan membacanya tidak diperbolehkan mengeja dan disesuaikan makhorijul hurufnya. Peneliti memilih penelitian di Pondok Pesantren Al-Jumhuriyah Subang ini dikarenakan pesantren tersebut sudah melaksanakan pembelajaran menggunakan metode yanbu’a selama 3 tahun. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Implementasi metode yanbu’a untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal al-qur’an santri di pondok pesantren modern Al-Jumhuriyah Subang mampu membaca dan menghafal al-qur’an dengan baik dan benar (2) Pengaruh metode yanbu’a untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal al-qur’an santri di pondok pesantren modern al-jumhuriyah Subang, dapat dilihat dari hasil perhitungan SPSS versi 27, dari tabel uji Anova diatas diperoleh nilai signifikan dari hasil pre-test dan post-test sebesar 0,075 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel metode yanbu’a(X) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an (Y). (3) Terdapat faktor pendukung dan penghambat pengaruh metode yanbu’a untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal al-qur’an santri di pondok pesantren modern Al-Jumhuriyah Subang, faktor pendukung tersedianya sarana dan pra sarana seperti tempat atau ruangan yang memadai, media yang cukup, Sedangkan faktor penghambat dari metode tersebut yaitu masih banyak santri yang masih belum mengenal huruf hijaiyah dan belum lancar dalam membaca al-qur’an dan masih kurangnya dukungan dari orangtua yang mengakibatkan rendahnya motivasi terhadap santri.
Copyrights © 2024