Abstract. This research was motivated by the lack of ability to memorize the Koran among students. This can be seen from the data that none of the students achieved the memorization target and when carrying out the Koran memorization test the students still had difficulty reciting the next verse so they needed help from the teacher to continue memorizing the next verse. This research was conducted at Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Baiturrohim Subang on MD III class students to find out whether there was an increase in the ability to memorize the Koran using the kitabah method. This research uses a quantitative approach with a pre-experimental method in the form of a One Group Pretest-Posttest design. The type of sampling in this study used purposive sampling and the samples in this study were MD III class students with a total of 11 students. The average pretest score was 55.31 in the underprivileged category. Meanwhile, the average post-test score was 83.12 in the very capable category. Increased memorization abilities in students can be proven by t-test analysis, namely Sig = 0.000 < 0.05. Based on this, it can be seen that H1 is accepted and H0 is rejected. Thus, it can be concluded that there is an increase in the application of the Kitabah method to the ability to memorize the Koran Juz 30 among students at MDTA Baiturrohim Subang from less capable to very capable. Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menghafal Alquran pada santri. Hal ini terlihat dari data bahwa tidak ada santri yang mencapai target hafalan dan ketika pelaksanaan tes hafalan Alquran para santri masih kesulitan dalam melafalkan ayat berikutnya sehingga perlu dibantu oleh guru untuk melanjutkan hafalan ayat selanjutnya. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Baiturrohim Subang pada santri kelas MD III yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan dalam kemampuan menghafal Alquran dengan menggunakan metode kitabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre eksperimen dengan bentuk desain One Group Pretest-Postest. Jenis pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling purposive dan yang menjadi sampel pada penelitian ini, yaitu santri kelas MD III dengan jumlah santri sebanyak 11 santri. Hasil nilai rata-rata pretest adalah 55. 31 dengan kategori kurang mampu. Sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 83.12 dengan kategori sangat mampu. Peningkatan kemampuan menghafal pada santri dapat dibuktikan dengan analisis uji t, yaitu Sig = 0.000 < 0.05. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan dalam penerapan metode kitabah terhadap kemampuan menghafal Alquran juz 30 pada santri di MDTA Baiturrohim Subang dari kurang mampu menjadi sangat mampu.
Copyrights © 2024