Bandung Conference Series: Islamic Education
Vol. 4 No. 2 (2024): Bandung Conference Series: Islamic Education

Manajemen Pembelajaran Tahfidz dalam Mencapai Target Hafalan di MI Asyafi’iyah Jatinangor

Sany Nurchoeriyah (Unknown)
Asep Dudi Suhardini (Unknown)
Khambali (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2024

Abstract

Abstract. This research is motivated by the researcher's interest in the management of Tahfidz Qur'an learning at MI Asyafi'iyah school is an Islamic religious education institution that tries to guide students to love the Qur'an and produce a generation of memorizers of the Qur'an. Tahfidz Qur'an learning has a memorization target, to achieve the memorization target is certainly inseparable from the management. This knowledge aims to analyze the management of Tahfidz Al-Qur'an which includes planning, implementation, and evaluation of learning. The research method used in this study is descriptive analysis with a qualitative approach approach. The results of this study indicate that: 1). Tahfidz Qur'an Learning Planning formulates and determines Tahfidz Qur'an learning, prepares Tahfidz Qur'an learning lesson plans, prepares learning materials, implements activities, learning methods, time and place for implementing Tahfidz Qur'an learning. 2). Implementation of Tahfidz Qur'an learning activities Tahfidz Qur'an Learning activities at MI Asyafii'yah are carried out every Monday - Friday at 08.00-09.30. The implementation of this Qur'an Tahfidz learning is divided into three stages, namely: Introduction, core, and closing. The inhibiting factors include children who do not learn the Qur'an at all, finally at school starting from scratch, and finally the child has difficulty reciting the Qur'anic verses, especially for long letters. The supporting factor is in terms of time. 3). Evaluation of Tahfidz Qur'an learning, evaluation of the Tahfidz Qur'an learning process to evaluate the success of teachers in teaching Tahfidz Qur'an, namely meetings every six months held by the principal. Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi dari ketertarikan peneliti terhadap pengelolaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di sekolah MI Asyafi’iyah merupakan lembaga pendidikan agama islam yang berusaha membimbing siswanya untuk cinta terhadap Al-Al-Qur’an dan mencetak generasi penghafal Al-Al-Qur’an. Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an ini mempunyai target hafalan, untuk mencapai target hafalan tentunya tidak terlepas dari pengelolaan tersebut. Pengetahuan ini bertujuan untuk menganalisis manajemen Tahfidz Al-Al-Qur’an yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan pendekatan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1). Perencaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an merumuskan dan menetapkan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an, menyusun RPP pembelajaran tahfidz Al-Qur’an, menyiapkan materi pembelajaran, pelaksanaan kegiatan, metode pembelajaran, waktu dan tempat pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an. 2). Pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an kegiatan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di MI Asyafii’yah dilaksanakan setiap hari senin-jum’at pukul 08.00-09.30. Pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu: Pendahuluan, inti, dan penutup. Faktor penghambat diantaranya yaitu anak-anak yang tidak belajar sama sekali Al-Al-Qur’an, akhirnya disekolah memulainya dari nol, dan akhirnya anak tersebut agak kesulitan melafadzkan ayat Al-Al-Qur’an terutama untuk surat-surat yang Panjang. Faktor pendukung yaitu dari segi waktu, karena telah di programkan oleh sekolah supaya anak-anak bisa mencetak generasi tahfidz Al-Qur’an. 3). Evaluasi pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an, evaluasi proses pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an untuk mengevaluasi keberhasilan guru dalam pengajaran Tahfidz Al-Qur’an, yaitu pertemuan setiap enam bulan sekali yang diadakan oleh kepala sekolah. Hal itu dilakukan untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dalam kurun enam bulan. Dan masukan selanjutnya dapat dijadikan motivasi dan bahan penyempurnaan kegiatan Tahfidz Al-Qur’an kedepannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BCSIEd

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Bandung Conference Series Islamic Education (BCSIED) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Pendidikan Agama Islam dengan ruang lingkup Akhlak Pendidik, Baca Tulis Quran, Iman, Taqwa, Karakter Kurikulum lokal, Kedisiplinan siswa, Kemandirian, ...