JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 10, No 1 (2024)

Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau Dari Efikasi Diri Siswa Kelas V SD Negeri 2 Tahunan

Faiza, Khanifa Lailatul (Unknown)
Zumrotun, Erna (Unknown)
Sutriyani, Wulan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Keterampilan dasar berhitung menjadi sorotan utama dalam dunia pendidikan saat ini. Keahlian berhitung merupakan landasan penting bagi murid dalam menyelesaikan persoalan matematika, yang juga dievaluasi dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Tujuan penelitian ini adalah menilai kemampuan berhitung dengan mempertimbangkan kepercayaan diri siswa kelas V di SD N 2 Tahunan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan menganalisis dokumen. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan tes esai sebagai instrumen penelitian. Partisipan penelitian terdiri dari 21 siswa kelas V, mewakili tiga tingkatan kepercayaan diri yang berbeda: rendah, sedang, dan tinggi, dengan 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kepercayaan diri tinggi mencapai 78,57%, yang termasuk dalam kategori yang memadai. Saat menghadapi soal matematika aljabar dalam bentuk esai, rata-rata aktivitas siswa mendapatkan skor 74,11%, masuk dalam kategori cukup (65%-74%). Pengamatan terhadap aktivitas siswa dalam pertanyaan kedua menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan persentase 98,66%, masuk dalam kategori sangat baik (85-100%). Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan diri siswa, semakin baik pula kemampuan berhitung yang mereka miliki.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...