JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 10, No 1 (2024)

Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Materi Trigonometri Menggunakan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing

Wahyuni, Indah (Unknown)
Yuliatin, Umi (Unknown)
Nurisma, Anis (Unknown)
Hasanah, Nurul (Unknown)
Maulana, M. Agus Mas’ud (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman pada siswa SMA disalah satu sekolah swasta di mangli, tepatnya di SMA Islam Al-Hidayah, dengan subjek 20 peserta didik, 6 siswa laki-laki dan 14 siswi perempuan. Siswa mengalami kesulitan pada materi trigonometri karena kurangnya pemahaman konsep dasar dalam materi trigonometri. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman siswa melalui model pembelajaran inquiri terbimbing. Pembelajaran model inquiri terbimbing adalah pembelajaran yang dalam proses pemecahan suatu masalah atau soal guru berperan penting dalam mengarahkan atau membimbing siswa sampai menemukan jawaban yang tepat. Langkah-langkah dalam model pembelajaran inkuiri terdiri dari orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Berdasarkan hasil latihan soal yang diberikan peneliti memperoleh 35% dari jumlah siswa yang mampu mengaplikasikan ke dalam rumus dan kurang teliti dalam proses pengerjaan, namun kurang tepat dalam pengaplikasian ke bentuk gambar, 30% dari jumlah siswa yang mampu dalam mengaplikasikan soal cerita ke dalam rumus trigonometri dan teliti dalam proses pengerjaannya, namun kurang tepat dalam pengaplikasian pada gambar, 35% dari jumlah siswa yang benar dalam semua kategori dan menghasilkan jawaban yang benar baik secara rumus ataupun secara gambar.Kata kunci: Trigonometri, Model inkuiri terbimbing  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...