Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) merupakan garda depan rumah sakit selain poliklinik. Kepuasan pasien dalam menerima pelayanan kesehatan di suatu rumah sakit dapat memberikan penilaian pada pelayanan IGD. Untuk membina hubungan yang baik dengan pasien maka diperlukan komunikasi yang efektif antar dokter dan pasien. Seiring perkembangan jaman dan era globalisasi maka persaingan antar rumah sakit semakin ketat dan pasien lebih banyak memiliki pilihan rumah sakit. Dokter yang berpengalaman diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik. Kerangka analisis yang digunakan adalah pengaruh komunikasi terapeutik dan lama kerja dokter jaga terhadap kepuasan pasien di IGD RS Hermina Jatinegara. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif, dengan sampel pada penelitian ini adalah berjumlah 48 responden. Hasil analisis data dengan menggunakan analisa regresi liner berganda adalah komunikasi terapeutik memiliki nilai 0.901 dengan p - value 0.000 (p< 0.05) yang menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan paseian di IGD RS Hermina Jatinegara. Dan lama kerja dokter jaga memiliki nilai 0.494 dengan p – value 0.525 (p>0.05) yang menunjukkan adanya pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan pasien.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh komunikasi terapeutik dan lama kerja dokter jaga terhadap kepuasan pasien IGD RS Hermina Jatinegara.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024