Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh budaya organisasi dan motivasi belajar siswa terhadap kinerja guru di Sekolah Islam Terpadu SMPIT Assalam Curug, Kabupaten Tangerang. Budaya organisasi diidentifikasi sebagai kerangka kerja yang mengarahkan perilaku dan keputusan pegawai, sementara motivasi belajar merujuk pada dorongan internal dan eksternal yang mempengaruhi semangat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan antara budaya organisasi dan kinerja guru dengan koefisien determinasi sebesar 72,9%, serta motivasi belajar siswa dan kinerja guru dengan koefisien determinasi sebesar 83,0%. Secara simultan, kedua faktor ini berkontribusi signifikan terhadap kinerja guru, diuji menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Versi 28. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya mempertimbangkan budaya organisasi yang kuat dan motivasi belajar siswa dalam upaya meningkatkan kinerja pendidik di institusi pendidikan.
Copyrights © 2024