Madani: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Kewirausahaan
Vol. 2 No. 4 (2024): Juli 2024

Perancangan Chatbot pada PT Martindo Fine Foods Sebagai Solusi Peningkatan Efisiensi dan Layanan

Lau, Eric (Unknown)
Yulianto, Andik (Unknown)
Sabariman (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

PT Martindo Fine Foods menghadapi tantangan dalam merespons pertanyaan pelanggan secara tepat waktu, yang berakibat pada ketidakpuasan pelanggan dan beban kerja yang tinggi bagi karyawan. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem chatbot yang dapat meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas layanan pelanggan. Metode penelitian meliputi observasi, analisis kebutuhan, dan perancangan aplikasi. Hasil implementasi menunjukkan bahwa chatbot pada whatsapp mampu merespons berbagai pertanyaan umum pelanggan dengan cepat dan akurat, sehingga mengurangi jumlah pertanyaan yang harus ditangani secara manual oleh karyawan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

madani

Publisher

Subject

Other

Description

Madani: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Kewirausahaan yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Internasional Batam adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel – artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diambil dalam berbagai aktivitas ...