Sekolah sebagai lembaga formal pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui pembelajaran untuk menunjang kelancaran jalannya pembangunan di Indonesia secara keseluruhan. Sumber daya manusia unggul merupakan persyaratan utama bagi terwujudnya bangsa dan negara yang maju. Berapapun besar sumber daya alam, modal sarana prasarana yang tersedia, pada akhirnya di tangan SDM yang handal sajalah target pembangunan bangsa dan negara dapat dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pengawasaan kepala sekolah terhadap disiplin guru. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pengawasaan kepala sekolah (X). Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah displin guru (Y). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan seluruh guru yang ada di SMP Al Washliyah Cirebon. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling dan simple jenuh. Sehingga diketahui sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif. Metode analisis data menggunakan metode uji instrumen penelitian, analisis data, analisis korelasi rank spearman, uji signifikan T dan uji statistik deskriptif dengan menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel disiplin guru memiliki t hitung sebesar 5,912 dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000. Hal ini berarti t hitung5,912 > t tabel sebesar 1,701 dan dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan hipotesis pertama yaitu H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga secara parsial variabel disiplin guru berpengaruh dan signifikan terhadap pengawasan kepala sekolah di SMP Al Washliyah Cirebon.
Copyrights © 2024