Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 7 No. 01 (2024): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Implementasi Kurikulum Pendidikan Islam di STP MI Khoiru Ummah Bogor

Nuridin, Nuridin (Unknown)
Badrudin, H E (Unknown)
Sa'diyah, Maemunah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Kurikulum pendidikan Islam memainkan peran kunci dalam pengembangan sistem pendidikan yang holistik dan berdaya guna. Dengan memadukan ajaran agama Islam dan pendidikan umum, kurikulum ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mempromosikan nilai-nilai keagamaan, moral, dan akademis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum pendidikan Islam di STP MI Khoiru Ummah Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan dan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pertama, STP MI Khoiru Ummah Bogor memiliki komponen-komponen kurikulum islami diantaranya adalah kurikulum dasar, kurikulum inti, kurikulum penunjang dan ekstrakurikuler yang semuanya memiliki kontribusi dalam rangka membangun karakter islami pada jiwa pesrta didik. Kedua, STP MI Khoiru Ummah Bogor memiliki metode pembelajran secra khusus yaitu Metode Talqiyyan Fikriyyan. Ketiga, STP MI Khoiru Ummah Bogor juga menerapkan pendidikan karakter islami karena pendidikan bukan hanya tentang memperoleh pengetahuan akademik, tetapi juga tentang membentuk karakter islami yang kuat dan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Education

Description

Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah STAI Al Hidayah Bogor. Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Pengelola menyambut baik kontribusi ...