Kurikulum pendidikan Islam memainkan peran kunci dalam pengembangan sistem pendidikan yang holistik dan berdaya guna. Dengan memadukan ajaran agama Islam dan pendidikan umum, kurikulum ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mempromosikan nilai-nilai keagamaan, moral, dan akademis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum pendidikan Islam di STP MI Khoiru Ummah Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan dan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pertama, STP MI Khoiru Ummah Bogor memiliki komponen-komponen kurikulum islami diantaranya adalah kurikulum dasar, kurikulum inti, kurikulum penunjang dan ekstrakurikuler yang semuanya memiliki kontribusi dalam rangka membangun karakter islami pada jiwa pesrta didik. Kedua, STP MI Khoiru Ummah Bogor memiliki metode pembelajran secra khusus yaitu Metode Talqiyyan Fikriyyan. Ketiga, STP MI Khoiru Ummah Bogor juga menerapkan pendidikan karakter islami karena pendidikan bukan hanya tentang memperoleh pengetahuan akademik, tetapi juga tentang membentuk karakter islami yang kuat dan baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024