Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Sila-Sila Pancasila dan Lambang Negara sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tebak kata dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn tentang Sila-Sila Pancasila dan Lambang Negara pada siswa kelas II di SD Negeri 2 Kemuning Pacitan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian penelitian tindakan kelas. Narasumber penelitiannya adalah kepala sekolah, guru kelas II, dan siswa kelas II SD Negeri 2 Kemuning. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik untuk menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode tebak kata dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas II mengalami peningkatan hasil belajar yang sangat baik. Kondisi awal dalam prasiklus kurang berhasil, sebanyak 15 siswa belum mencapai ketuntasan belajar atau 88,23% dengan nilai rata-rata kelas 34,71. Pada Siklus I, siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar 12 anak atau 70,59%, dengan nilai rata-rata 56,47. Pada Siklus II penggunaan metode tebak kata semakin baik dan hasil belajar siswa kelas II sudah mencapai ketuntasan baik, secara individu maupun klasikal. Hanya ada 1 anak atau 5,88% yang belum mengalami ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas 94,11. Penggunaan metode tebak kata dalam pembelajaran PKn juga meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II dalam belajar PKn dengan sungguh-sungguh, suka, senang, lebih fokus, perhatian, peduli dan bersemangat
Copyrights © 2024