WAHANA PENDIDIKAN DASAR
Vol. 10 No. 2 (2024): Jurnal Wahana Pendidikan Dasar

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn TENTANG SILA-SILA PANCASILA DAN LAMBANG NEGARA MELALUI METODE TEBAK KATA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 KEMUNING PACITAN

Rahmawati, Endah (Unknown)
Laila, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Sila-Sila Pancasila dan Lambang Negara sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tebak kata dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn tentang Sila-Sila Pancasila dan Lambang Negara pada siswa kelas II di SD Negeri 2 Kemuning Pacitan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian penelitian tindakan kelas. Narasumber penelitiannya adalah kepala sekolah, guru kelas II, dan siswa kelas II SD Negeri 2 Kemuning. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik untuk menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode tebak kata dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas II mengalami peningkatan hasil belajar yang sangat baik. Kondisi awal dalam prasiklus kurang berhasil, sebanyak 15 siswa belum mencapai ketuntasan belajar atau 88,23% dengan nilai rata-rata kelas 34,71. Pada Siklus I, siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar 12 anak atau 70,59%, dengan nilai rata-rata 56,47. Pada Siklus II penggunaan metode tebak kata semakin baik dan hasil belajar siswa kelas II sudah mencapai ketuntasan baik, secara individu maupun klasikal. Hanya ada 1 anak atau 5,88% yang belum mengalami ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas 94,11. Penggunaan metode tebak kata dalam pembelajaran PKn juga meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II dalam belajar PKn dengan sungguh-sungguh, suka, senang, lebih fokus, perhatian, peduli dan bersemangat

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JWPD

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini terbit dua kali setahun bulan Januari dan bulan Juli berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan dasar, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Penyajian dapat berupa tulisan Ilmiah popular, hasil penelitian, survey, hipotesis, dan gagasan baru yang objektif dan penuh ...