Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran merupakan sebuah tuntutan di era digital ini, khususnya pemanfaatan gawai dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran melalui aplikasi asisten belajar mandiri (SI BELA) di SDN Rojopolo 07 di Jatiroto untuk meningkatkan literasi digital siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media aplikasi asisten belajar mandiri (SI BELA) mampu meningkatkan antusiasme dan motivasi belajar siswa. Selain itu, penggunaan media ini juga meningkatkan kemampuan literasi digital siswa karena melibatkan penggunaan smartphone dan aplikasi belajar mandiri. Siswa menjadi lebih terampil dalam mengoperasikan smartphone, menginstal dan mengakses aplikasi, serta memahami konten 3D. Dengan demikian, implementasi pembelajaran melalui aplikasi asisten belajar mandiri (SI BELA) di SDN Rojopolo 07 di Jatiroto berhasil meningkatkan literasi digital siswa kelas V.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024