JEID
Vol. 3 No. 2 (2023)

Pengembangan E-modul Berbasis Problem based learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Materi Statistika

Santoso, Edy (Unknown)
Sugiyanti, Sugiyanti (Unknown)
Pramasdyah Sari , Agnita Siska (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan e-modul problem based learning yang tepat dan praktis yang digunakan untuk keterampilan berpikir kritis siswa materi Statistika, dan mengetahui keefektifan e-modul problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Materi Statistik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode ADDIE dengan desain Non-Equivalent Control Group. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kelayakan. Kelayakan e-modul menurut ahli media 85,33 %, kelayakan materi 90%, kelayakan aspek PBL 88%, kelayakan aspek berpikir kritis sebesar 85%, dan kelayakan bahasa sebesar 86,67%. Dari hasil kelayakan secara keseluruhan, e-modul yang dikembangkan Layak dengan kategori sangat baik. Nilai rata-rata angket respon siswa terhadap e-modul yang dikembangkan mencapai nilai 79,83%. Hal ini menunjukkan nilai 79,83% praktis digunakan dalam pembelajaran. Penggunaan bahan ajar e-modul berbasis Problem based learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jeid

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JEID: Jurnal Integrasi dan Pengembangan Pendidikan mencakup pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Agama, Pendidikan Karakter, Pendidikan Bahasa dan Seni serta Media dan Teknologi ...